Akses MovieClip Dalam Macromedia Flash 8 (Mata Kuliah MULTIMEDIA)

Multimedia berasal dari dua akar kata yaitu Multi yang berarti Banyak (many), Pelbagai (Multiple) dan Medium yang berarti Alat untuk menyampaikan atau membuat sesuatu, perantaraan, Apabila dikaitkan dengan pemprosesan komputer, medium dianggap sengai alat pengagihan dan persembahan maklumat seperti teks, imej, grafik, suara, muzik dan sebagainya. Ada banyak software-software yang digunakan untuk membuat aplikasi multimedia salah satunya yaitu Macromedia Flash 8.

Membuat sebuah aplikasi multimedia yang interative dengan macromedia flash 8 tetapi terkoordinir. Terkoordinir memiliki arti dimana layer,emberian instance name untuk objek (MovieClip dan Button)  dan panjang timeline (root) terbentuk secara teratur, yiatu misalnya setiap Layer memiliki nama yang jelas, penamaannya harus mewakili apa yang terdapat pada layer tersebut. Misalnya sebuah layer yang dikhususkan berisi tombol-tombol, maka untuk mewakili itu layer tersebut bisa diberi nama “Button atau Tombol”.

Kemudian untuk pemberian instance name untuk objek harus diberi tanda pengenal sebelum nama instance name nya seperti mv (pengenal untuk MovieClip), btn (pengenal untuk Tombol/Button) fungsi nama pengenal di depan instance name adalah agar dapat memberikan informasi kepada user tentanng objek tersebut bertipe apa. Contoh : mv

_animasi, btn_next, dll.

 Sedangkan untuk panjang timeline (root), timeline yang panjang pada root akan membuat objek susah untuk ditemukan. Sehingga untuk itu bisa diganti dengan menggunakan teknik pohon (menggunakan MovieClip). Dapat dilihat seperti gambar berikut.

Gambar Hierarki Pohon

Keterangan :

  •  Root       = root
  •  Mv1        = MovieClip 1
  •  Mv2        = MovieClip 2
  • Mv3        = MovieClip 3
  • Mv4        = MovieClip 4
  • Mv5        = MovieClip 5
  • Mv6        = MovieClip 6

Diatas merupakan hierarki pohon untuk movieclip. Kemudian untuk konsep aksesnya, berikut adalah konsep yang sering saya terapkan :

  1. Gunakan instance name sebagai identitas objek atau sebagai identitas untuk mengakses movieclip  
  2. Gunakan Root atau movieclip yang ada diatasnya sebagai tempat (peletakan script) untuk mengakses movieclip yang ada dibawahnya.

 Cara akses Movieclip :

  1. Akses Mv1 atau Mv2:
    • Dari Root        = instance_name_Mv1.Action

·                           Dari Mv3            = _root.instance_name_Mv1.Action  atau

_root.instance_name_Mv2.Action

    • Dari Mv4         = _root.instance_name_Mv1.Action atau

_root.instance_name_Mv2.Action

    • Dari Mv5         = _root.instance_name_Mv1.Action atau

_root.instance_name_Mv2.Action

    • Dari Mv6         = _root.instance_name_Mv1.Action atau

_root.instance_name_Mv2.Action

  1. Akses Mv3 atau Mv4
    • Dari Root        = instance_name_Mv1.( instance_name_Mv3  atau

instance_name_Mv4).Action

    • Dari Mv1         = (instance_name_Mv3 atau instance_name_Mv4).Action
  1. Akses Mv3 atau Mv4
    • Dari Root        = instance_name_Mv2.( instance_name_Mv5 atau

instance_name_Mv6).Action

    • Dari Mv1         = (instance_name_Mv5 atau instance_name_Mv6).Action 

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

no more word that i can say..just can saying thank's..

no more that you can find in here, but i hope anyting on here can help anyone who is open  this blog..